Puding terbuat dari agar-agar yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, karena serat yang terkandung di dalamnya. Salah satu fungsi serat adalah untuk membersihkan usus, dengan cara memperlancar metabolisme. Dengan lancarnya metabolisme, tubuh akan menjadi lebih sehat, fungsi alat-alat pencernaan berjalan dengan baik, sehingga tubuh lebih bugar, sehat dan tidak mudah sakit. Belum lagi fungsinya yang mengenyangkan, namun tidak menggemukkan.

Untuk itu, Puding sangat disarankan sebagai pengganti snack yang berkarbohidrat tinggi karena fungsinya tersebut, dan lagipula Puding dapat dikonsumsi sesering mungkin.

Puding yang sehat dibuat menggunakan bahan-bahan alami, seperti gula pasir murni, tanpa bahan pengawet, dan penambah rasa. Semakin alami bahan-bahan yang dipakai, semakin mempertinggi khasiat puding bagi tubuh kita.

Baca juga  Ternyata Puding Bisa Memperlancar Metabolisme Tubuh

Puding adalah jenis penganan yang banyak digemari oleh siapapun. Rasanya yang lembut ketika dimakan, warnanya yang eye catchingpun sangat menggugah mata kita.

Bahan utama dalam pembuatan puding adalah agar-agar. Untuk kesehatan, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari agar-agar. Puding juga disarankan sebagai pengganti snack yang mengadung karborhidrat.

Rata-rata semua orang tahu bahwa agar-agar dibuat dari rumput laut jenis gracilaria sp atau gelidium sp. Diolah dengan proses yang cukup panjang sampai kemudian menjadi serbuk agar-agar atau agar-agar batangan seperti yang sering kita lihat di pasaran.

Baca juga  Manfaat Puding untuk Kesehatan Bayi

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa rumput laut adalah bahan pangan berkhasiat, berikut beberapa diantaranya:

Antikanker. Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.

Antioksidan. Klorofil pada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Mencegah Kardiovaskular. Para Ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.

Baca juga  Ternyata Makan Puding Bisa Bikin Tubuh Jadi Langsing

Makanan Diet. Kandungan serat(dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan. Agar-agar adalah makanan penyelamat bagi orang yang bermasalah dengan kegemukan.

Sumber: https://faridariapuspitasari.wordpress.com/2013/05/06/manfaat-puding-bagi-tubuh-kita/

Comments

comments