Sejarah Puding…

Kabar sehat pecinta kuliner Indonesia? Puding Marsanda mau berbagi cerita dikit niy… kapan awal mula nya puding? dari mana asalnya ya? Trus, gimana siy cerita nya bisa jadi ada makhluk yang bernama puding? He he …

Browsing sana sini… dapet juga euy cerita inih…. Simak ya.

Sejarawan umumnya sepakat dengan pendapat bahwa puding pertama yang dibuat adalah pada abad pertengahan. Puding tersebut berupa makanan berbahan dasar daging dimasak dalam kantung hingga berbentuk mirip dengan sosis. Nah…..

Pada abad ke-17 di Inggris, puding dibuat dengan rasa gurih (meat-based) atau manis (flour, nut & sugar) direbus dalam kantong puding khusus (biasanya dari usus atau perut hewan). Seperti dikutip dari Food Timeline (08/11/2013), Inggris mengklaim bahwa puding kuno adalah resep warisan leluhur mereka. Catet….

Pada abad ke-18, puding tradisional Inggris tidak lagi berbahan dasar daging.  Puding abad ke-19, masih dibuat dengan cara direbus tapi produknya jadi lebih mirip kue. Puding ini masih tradisional yang disajikan pada waktu Natal, Plum Puding (alias puding Natal) adalah contoh utamanya.

Perkembangan puding sudah sangat jauh sekarang. Puding yang kita kenal adalah makanan dengan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu, rasanya manis dengan perisa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Puding modern selain di atas adalah makanan yang berbahan agar-agar dibuat dengan mencampur agar-agar bersama santan, susu, tepung maizena, atau telur kocok.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis puding rasa tradisional yang memakai kelapa muda, gula merah, santan, tape ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan. Buah-buahan yang dipakai untuk puding misalnya: jeruk, nanas, sirsak, mangga, atau markisa.